Categories
Seputar Web

Perhitungan Biaya dalam Pembuatan Website 2020

Mungkin saat ini dan seterusnya yang selalu menjadi pertanyaan mengenai Website itu sendiri adalah “ Berapa banyak modal yang dikeluarkan dalam pembuatan website itu sendiri ? “. Sampai pada akhirnya, kalian mencari terus menerus artikel yang ada dan berlabuhlah kalian sejenak di situs yang kami miliki. Walau terbilang data yang mungkin kami berikan hampir menyerupai situs yang lainnya, namun kalian bisa ambil saja inti pokoknya bahwa semua akan terangkum dengan rapi dan menjadi gaya bahasa masing-masing dalam penjelasannya. 

Setidaknya kami memang memiliki referensi situs seperti salah satu contohnya dari niagahoster.co.id yang selalu berkutik dengan dunia Website. Nah sebenarnya, untuk harga dari pembuatan website itu sendiri tergantung pada budget dan juga tujuan utama kalian dalam membuat website. Kami sangat sadar, bahwa jawaban yang baru saja kami utarakan sudah menjadi jawaban utama yang ada. Sebab, memang dari pertanyaan itu bisa muncul berbeda-beda di setiap Individunya. Bisa saja Si A menanyakan perihal ini, si B tentang ini dan lain sebagainya. Intinya, kalian yang ingin melakukan sesuatu harus dilaksanakan dengan susunan tujuan yang rapi. 

Dengan terbitnya artikel yang kami buat ini, semoga saja mampu menambah wawasan dan juga mampu menjawab pertanyaan kalian yang masih menyangkut pada sebuah permainan di bidang Website. Penasaran bukan , apa saja yang akan kami infokan ? yuk simak semua bacaan yang ada di bawah ini. 

 

Mengetahui Website WordPress Terlebih dahulu 

Seperti yang bisa kalian ketahui, WordPress ini adalah CMS yang bersifat gratis dan bisa digunakan oleh siapapun juga. Namun, dalam membuat website WordPress yang mampu berfungsi dengan sebaik mungkin dan juga sesuai dengan keinginan kalian harus bisa terbantu oleh biaya yang memang sesuai. Umumnya, modal atau biaya yang kalian keluarkan dalam membangun Website ini sendiri mencakup beberapa aspek penting di dalamnya. Seperti : 

⧫ Untuk Web Hosting = ini adalah sebuah tempat untuk menyimpan semua data dan juga file pada website yang kalian miliki nanti. 

⧫ Untuk Domain = ini adalah alamat website kalian ( contoh : gmail.com, yahoo.co.id, Dll ).

⧫ Untuk Desain = yang dimaksudkan disini adalah  WordPress yang ada menyediakan banyak sekali tema yang gratis. Akan tetapi, jika ingin memakai tambahan fitur lainnya , maka kalian bisa menggunakan fitur tema yang berbayar dengan sangat lengkap isiannya sehingga patut kalian coba. 

⧫ Untuk Plugin = ini adalah tools yang memang bisa menambah fitur tertentu ke dalam website kalian. Ada banyak sekali Plugin WordPress yang gratis namun, tidak sedikit juga ada yang berbayar. Jadi, semua tergantung kalian deh lebih butuh ke arah yang gratis atau berbayar.

⧫ Untuk Biaya Keamanan – ini menjadi tambahan saja. At least tidak terlalu wajib si. Hanya saja kami menyarankan, untuk kalian memastikan keamanan yang penuh bagi website kalian. 

Dengan sedikit aspek-aspek yang baru saja kami berikan ini, apakah sudah bisa mengira berapa banyak biaya yang bisa kalian keluarkan ?

 

Web Hosting dengan Harga Dibawah 1 JT

Yakin semahal itu ? ya kalian bisa saja temukan di beberapa situs lainnya seperti Niagahoster pastinya juga mencakup harga dengan nominal masih ratusan ribu rupiah untuk per bulannya. Dengan paketan yang jelas berbeda. Bisa kalian memilih untuk jenis Hosting Shared Hosting, Cloud Hosting, hingga VPS Hosting yang semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri tentunya. 

– > Shared Hosting : sangat bagus digunakan oleh pemula atau orang awam dalam membuat dan menjalankan websitenya tersebut. Untuk hosting ini sendiri berarti kalian bisa berbagi dengan beberapa pengguna lainnya. Yakni dari Servernya, Disk Space, sampai dengan Bandwidth juga diperlukan. Jadinya, benar-benar terbataskan gitu deh.

– > Cloud Hosting : serupa tapi tak sama. Memang hosting ini mirip dengan hosting yang sebelumnya, namun dengan diisi oleh sumber daya yang jauh lebih besar. Untuk hosting ini benar-benar Fully Managed Server. Akan tetapi, kalian harus rela untuk mencari tempat penyimpanan dan juga bandwith yang tinggi. 

– > VPS Hosting : untuk yang terakhir ini cocok sekali untuk kalian yang memang membutuhkan sumber daya besar namun samaan bisa mengatur adanya server dengan sangat leluasa sesuai kebutuhan yang ada. 

Jadi, dengan adanya penjabaran diatas kira-kira mana nih yang sudah masuk perkiraan atau kriteria kalian ? adakah salah satu diantara semuanya ? 

 

Domain dengan Harga Dibawah 500 Ribu 

Web hosting banyak yang menggambarkan ini adalah Rumah, berarti agar tidak tersesat ke rumah tersebut kalian membutuhkan Domain sebagai alamat rumah yang kalian miliki. Dengan kalian membeli Domain, berarti sama saja kalian juga membeli website tersebut, sampai kiranya para pengunjung bisa bertamu ke rumah kalian tersebut. 

Untuk kalian yang ingin memilih nama domain, maka tidak bisa sembarang gitu saja. Setidaknya untuk nama Domain yang sudah kalian miliki harus memperoleh persyaratan seperti : 

  1. Penamaan Mudah Diketik 

Sebisa mungkin kalian membuat nama domain yang sangat mudah untuk dieja nantinya. Seperti halnya : www.tulisanbagus.com dibanding kalian membuat www.tulisanbagus-akoeh.com yang akan sulit untuk dieja nantinya.

  1. Nama yang Singkat, Padat & Mudah Diingat 

Umumnya untuk batas nama Domain maksimumnya mencapai 63 karakter. Namun, ini hanya dijadikan sebuah patokan saja. Memang ada apa yang mau membuat nama domain sepanjang itu ? kalau mimin sendiri si terus terang aja ogah banget. 

  1. Memilih Ekstensi Domain yang Memang Tepat 

Masing-masing dari Domain memiliki tujuan pada penggunaannya sendiri-sendiri. Untuk COM ( jauh lebih sering untuk umum / komersil ), Untuk CO.ID ( biasanya banyak PT. yang menggunakan ), NET ( untuk kalian pada penyedia layanan internet ) jadi, dalam hal ini kalian bisa pilih deh mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian. 

 

Desain bisa Dimulai dengan Harga 0 Rupiah 

Dalam hal ini memang benar lho, kalian bisa membuat desain tanpa harus mengeluarkan biaya nantinya. Karena, di setiap WordPress umumnya memiliki banyak sekali tema yang gratis, namun diisi dengan fitur yang terbatas pastinya. Bagi orang awam atau pemula, bisa saja menggunakan tema yang gratis ini. Akan tetapi, untuk kalian para pelaku bisnis serius makan pakailah saran kami untuk menggunakan tema yang berbayar dengan terfasilitasi oleh fitur lengkap yang nantinya ditawarkan. 

Dimana sekiranya mendapatkan tema gratis dan berbayar ? jadi, kemarin kami menemukan adanya WordPress Repository Theme yang bisa kalian akses dan menjadi Dashboard WordPress kalian nantinya. 

 

Plugin bisa Dimulai dengan Harga 0 Rupiah 

Sama seperti Desain, dalam hal ini harganya 0 Rupiah saja atau gratis. Untuk plugin yang gratis seperti biasa akan terbatas sekali dengan berbagai fitur di dalamnya. Untuk Plugin berbayar sudah pasti kalian harus bayar dimuka dan nikmati fitur lengkap yang ada. Dalam hal ini kalian tidak memerlukan penginstalan pada semua Plugin yang ada hanya untuk mendapatkan fitur tambahan di website kalian. Hanya perlu menginstall beberapa saja, pasti sudah berguna nantinya untuk kalian. 

Itulah beberapa cangkupan yang bisa kami beritahukan disini. Oiya, untuk pengeluaran keamanan tambahan menjadi sebuah opsi saja untuk bisa kalian pilih ataupun tidak. Di dalamnya terdapat SSL dan Perlindungan WhoIs yang jelas berbeda satu sama lain.