Categories
Seputar Web

Menganggur? Yuk Usaha Merancang Website!

Perkembangan zaman telah membuat dunia beralih menjadi lebih digital. Maka dari itu banyak perkembangan usaha maupun aneka aktivitas lainnya kini mendukung penggunaan yang maksimal yang menggunakan digital.

Beberapa manfaat kini dapat diambil dari penggunaan digital, dimana salah satunya dengan menjalankan bisnis usaha merancang website profesional. Sebelumnya banyak orang beranggapan bahwa merancang desain website merupakan suatu aktivitas yang rumit dan sulit untuk dikerjakan. Sehingga pihak yang dapat menjalankannya tidaklah banyak. Memang betul upaya mendesain website memiliki ketentuan khusus untuk dapat membuatnya, namun seiring dengan berkembangnya teknologi kemampuan dan daya tangkap banyak pihak dalam turut serta merancang media digital ini untuk memberi manfaat dan kemudahan yang lebih besar. Maka dari itu untuk dapat mempelajari lebih lanjut akan cara menjalankan usaha ini mari kita simak dalam pembahasan beberapa software untuk merancang website di artikel dibawah ini:

1. Adobe Dreamweaver CC

Aplikasi Adobe menjadi salah satu software yang sudah terkenal sering digunakan dalam banyak hal, termasuk salah satunya merancang website. Dalam aplikasi Adobe Dreamweaver ini, proses perancangan website dilakukan dengan kegiatan coding atau penulisan huruf dalam memerintah aplikasi tersebut untuk menjalankan suatu aksi. Memiliki kesamaan dengan beberapa aktivitas coding yang dilakukan oleh pihak IT, software engineer, dan sebagainya, aktivitas dalam website ini merancang kesatuan penulisan dalam membuat template sebuah website hingga ke bagian rinci membuat tampilan desain baginya. Aplikasi Dreamweaver ini juga telah mengalami perkembangan, dimana sebelumnya merupakan program bawaan dari aplikasi Macromedia yang juga memiliki berbagai jenis program berkaitan dengan perancangan website hingga kini telah menjadi satu dengan perusahaan besar Adobe. Aplikasi ini cukup sederhana untuk digunakan jika telah mengerti cara penggunaan bahasa coding sederhana.

2. Adobe InDesign

Salah satu aplikasi Adobe lain yang dapat dikembangkan dalam membuat website adalah Adobe InDesign. Sedikit berbeda dari Adobe Dreamweaver, aplikasi InDesign ini lebih berfokus pada perancangan desain dan tampilan visual dalam suatu website. Sehingga seperti namanya, aplikasi ini sendiri lebih banyak digunakan dalam merancang bentuk tampilan desain bagi sebuah website sederhana. Dibanding aplikasi Adobe Dreamweaver, Adobe InDesign ini mungkin akan lebih sederhana dan mudah dipahami bagi kaum awam. Berguna dalam menampilkan suatu link yang dapat dikembangkan hingga menjadi beberapa link pendukung lengkap dengan tampilan yang menarik, menjadikan Adobe InDesign sempurna dalam menyajikan kesinambungan dari satu halam utama yang terkait dengan beberapa halaman pendukung lainnya. Mirip seperti prinsip e-book.

3. Adobe Muse

Sebagai salah satu software besutan Adobe juga membuat aplikasi ini populer da banyak digunakan untuk merancang website. Namun aplikasi ini hanya merancang website berdasarkan desain GUInya saja (Graphic User Interface), dan sama sekali tidak menggunakan prinsip coding didalamnya. Sehingga cukup memudahkan untuk orang awam yang tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari informasi dalam membuat website. Terlebih lagi jika waktunya cenderung terbatas, seperti dalam kasus ia memiliki aktivitas utama selain sebagai bekerja merancang website sebagai usaha sampingan. Aplikasi untuk merancang website ini bisa dijalankan di dua OS besar, yaitu Windows dan Mac.

4. Sketch

Aplikasi ini merupakan bawaan dari OS Mac. Berguna dalam merancang desain website secara offline, dalam rancangan tampilan website yang diakses dari mobile, tampilan UI bagi orang yang akan mengunjungi halaman website yang dibuat hingga lebih menarik. Aplikasi ini akan biasa untuk digunakan bagi kalangan yang terbiasa dalam menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Kualitas perancangan website menggunakan aplikasi OS Mac ini memiliki kesetaraan dengan mendekati bentuk HTML atau CSS yang umumnya banyak digunakan dalam website profesional. Bagi kaum awam, terdapat banyak tutorial yang dapat dipelajari untuk bisa menguasai cara pemakaian aplikasi ini.

5. Pixate

Aplikasi ini dinilai cukup mudah digunakan, sekalipun bagi kaum awam. Penggunanya dapat merancang desain website tanpa perlu memusingkan akan bahasa pemrograman yang cenderung sulit. Aplikasi ini tersedia gratis dan saat ini telah dikuasai oleh perusahaan  raksasa Google. Mirip seperti standar aplikasi lain yang menggunakan banyak layer dalam lembar kerjanya, pixate dibuat dengan berfokus utama untuk merancang bentuk tampilan di website. Fitur pergeseran juga dapat dimanfaatkan dalam merancang beberapa gabungan halaman di website, mulai dari halaman utama hingga ke berbagai halaman pendukung lainnya. Sayangnya aplikasi ini telah ditutup akibat kurang banyak peminatnya. Perusahaan perancang aplikasi pun telah menyampaikan informasi bahwa pihak mereka akan meluncurkan aplikasi baru pengganti aplikasi dalam merancang website ini yang diharapkan akan lebih diminati banyak orang.

6. Blocs

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang hanya tersedia untuk OS Mac selain Sketch, hanya bedanya aplikasi ini bukan aplikasi bawaan dari OS tersebut. Aplikasi ini dinilai cukup mudah untuk digunakan, dengan aneka fitur dan tools sederhana yang tersedia di aplikasi hanya membutuhkan langkah yang singkat untuk mendesain website sesuai keinginan perancangnya. Menjadi pilihan aplikasi yang cocok untuk digunakan kaum awam hingga profesional. Berbagai tools yang sederhana mudah untuk dipahami saat masuk ke halaman di dalam media kerja aplikasi ini.

7. Coda

Menjadi salah satu aplikasi perancang website yang gratis, aplikasi ini tersedia untuk pengguna OS Mac. Memiliki berbagai fitur yang tersedia untuk membuat pengerjaan website hingga ke taraf yang lebih mendalam menjadikan aplikasi ini cukup diminati oleh kaum yang sudah mengerti akan aktivitas programming. Akibat dari tingkat penggunaan yang lebih advance pada aplikasi ini, Coda umumnya akan lebih sering digunakan mereka yang sudah berpengalaman atau mengerti banyak hal seputar merancang website, atau seorang yang memahami seluk beluk IT. Kaum awam yang baru mempelajari cara merancang website akan mengalami kesulitan saat awal menggunakan aplikasi ini.

8. WIX

Aplikasi ini sering disebut sebagai aplikasi pembuat website. Dengan memiliki sistem dan tampilan yang cukup sederhana, aplikasi ini bisa dikerjakan oleh banyak orang awam yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam merancang website. Aplikasi ini cukup unggul dalam segi keamanannya, dimana lebih jarang diretas oleh banyak pihak jahat seperti tindakan cyber crime (kejahatan dalam dunia maya). Aplikasi ini juga sering melakukan proses pembahasan otomatis atau yang dikenal dengan istilah update. Dengan fasilitas dalam membuat kustomisasi rancangan website yang ingin dibuat, aplikasi ini cukup banyak dipilih kalangan perancang website yang beragam jenisnya. Tidak hanya digunakan oleh kalangan profesional yang telah terbiasa, aplikasi ini juga banyak digunakan oleh kaum awam atau orang yang baru mencoba untuk membuat website.

9. Website X5 Evolution 12

Aplikasi ini sangat mendukung penggunanya dalam membuat tampilan desain yang menarik bagi halaman website yang ditampilkan. Aplikasi ini juga cukup bersahabat bagi penggunaan kaum awam yang belum menguasai bahasa pemrograman digital. Proses yang perlu dilakukan dalam merancang website menggunakan aplikasi ini cukup sederhana, seperti hanya membuat desain tampilan website. Kegiatan seperti drag dan drop dapat dilakukan untuk membuat tampilan pada website. Hal ini menjadi keunggulan dari aplikasi Website X5 Evolution 12 untuk dapat menciptakan tampilan desain yang menarik dalam proses pengolahan teks, berbagai media seperti gambar, video, galeri, serta aneka fitur lainnya untuk memberi tampilan website yang menarik.